Minuman dan Makanan untuk Kontrol Kolesterol


 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG, Best ProfitBanyak jenis minuman yang dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol Anda. Contohnya, teh hijau, minuman kedelai, dan smoothie susu nabati.

 

Melansir Medical News Today pada Senin 21 Agustus 2023, berikut enam pilihan jenis minuman yang dapat membantu menurunkan atau sekadar kontrol kolesterol Anda.

 

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol 'jahat' atau yang disebut low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol secara keseluruhan. Studi tahun 2015 berjudul 'Preventive role of green tea catechins from obesity and related disorders especially hypercholesterolemia and hyperglycemia', para ilmuwan memberi tikus minum air yang mengandung katekin dan epigallocatechin gallate, antioksidan lain yang bermanfaat dalam teh hijau. PT Bestprofit Bandung

 

Setelah 56 hari, terlihat kadar kolesterol dan LDL jahat telah berkurang sekitar 14,4 persen dan 30,4 persen pada dua kelompok tikus, menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Translational Medicine. Teh hitam juga masuk dalam daftar minuman dan makanan untuk kontrol kolesterol lantaran memberikan dampak positif, hanya saja pada tingkat yang lebih rendah daripada teh hijau. Hal ini terutama karena jumlah katekin yang berbeda dalam teh sehingga tubuh menyerap cairan secara berbeda.

 

2. Susu kedelai

Mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan, konsumsi 25 gram (g) per hari protein kedelai membantu mengurangi risiko penyakit jantung Otoritas lain merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter (ml) susu kedelai.

 

3. Minuman gandum (oat)

Oat mengandung beta-glukan, yang menciptakan zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu, yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol. Sebuah tinjauan tahun 2018 berjudul, Processing of oat: the impact on oat's cholesterol lowering effect yang dipublikasikan di Royal Society of Chemistry menemukan, minuman oat seperti susu oat dapat menawarkan pengurangan kolesterol yang lebih konsisten.

 

4. Jus tomat

Tomat kaya senyawa yang disebut likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat. Jus tomat juga kaya akan serat dan niasin yang dapat menurunkan kolesterol. Studi tahun 2015 menemukan, 25 wanita yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah. Para partisipan berusia 20-30 tahun dan memiliki skor indeks massa tubuh minimal 20.

 

5. Smoothie berry

Buah beri yang kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah beri juga rendah kalori dan lemak.

 

6. Minuman cokelat (kakao)

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Studi tahun 2015, menemukan konsumsi minuman 450 mg yang mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut High-density lipoprotein (HDL). Namun, minuman yang mengandung cokelat olahan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Bagi Anda, pilihan yang sehat mungkin ingin membatasi cokelat dengan tambahan gula, garam, dan lemak.

 

Minuman yang Harus Dihindari

Orang yang ingin mempertahankan kadar yang sehat mungkin ingin menghindari minuman yang tinggi lemak jenuh. Beberapa minuman yang perlu dihindari, yakni:

-          kopi atau teh dengan tambahan krim, krim kocok, susu tinggi lemak atau krimer

-          minuman atau smoothie yang mengandung kelapa atau minyak kelapa sawit

-          minuman kelapa yang diperas

-          minuman berbasis es krim

-          produk susu tinggi lemak

 

Perlu diperhatikan pula, konsumsi minuman manis secara berlebihan dapat menurunkan kadar HDL dan meningkatkan kadar trigliserida atau kadar lemak dalam aliran darah.

 

Contoh minuman yang ditambahkan dengan gula meliputi:

-          jus buah

-          minuman olahraga

-          minuman berenergi

-          soda atau minuman bersoda

-          kopi atau teh manis

-          cokelat panas

-          smoothie kemasan

-          cokelat atau produk susu manis.

 

Sumber

infobdg.com

 

lowonganlowongan kerjalowongan kerja bandungloker bandung

best profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf

pt bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, Bestprofit futures, pt best profit futures

 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG

Comments

Popular posts from this blog

Dolar Kuat Saat Harapan Pemotongan

Kinerja Dolar Telah Menjadi Rollercoaster

Dolar AS Mendekati Puncak 4,5 Bulan