Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan


 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG, Best ProfitBersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang tak cuma seru tapi bila rutin dilakukan bisa membuat tubuh bugar.

 

Paling tidak ada delapan manfaat bagi tubuh bila rutin bersepeda seperti disampaikan Namrita Brooke yang merupakan pelatih sepeda di Amerika Serikat (AS). Mulai dari membangun kekuatan otot, meningkatkan keseimbangan, dan lainnya sebagai berikut:

 

1. Melatih Kekuatan Otot

Otot yang dilatih saat bersepeda berbeda dengan saat latihan gym. Saat bersepeda, kelompok otot yang digunakan adalah bagian kaki yang mengayuh pedal sepeda. Lalu kekuatan dimulai dari pinggang dan pinggul, paha depan dan paha belakang, serta betis di titik tertentu. Bestprofit Bandung

 

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 di jurnal Acta Physiologica menjelaskan bahwa bersepeda dapat membentuk tubuh bagian bawah.

 

2. Melatih Keseimbangan

Bersepeda melatih keseimbangan. Seseorang yang naik sepeda bakal melatih keseimbangan untuk bisa melewati jalan berkerikil, tanjakan, atau belokan.

 

Brooke menyarankan untuk menggunakan sepeda dengan ban yang lebih lebar. “Misalnya, ban hybrid dengan ban sepeda gunung yang lebih lebar akan memiliki cengkeraman yang lebih baik dan lebih mudah dibandingkan ban standar. Ini merupakan ide bagus bagi mereka yang belum pernah bersepeda sejak kecil," tambahnya.

 

3. Kesehatan Jantung

Ketika bersepeda dilakukan dengan rutin, maka akan meningkatkan peredaran darah yang memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke seluruh sistem peredaran darah.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Brooke sebut bersepeda juga bisa membakar kalori jika dilakukan dengan durasi sekitar 30-40 menit. Jika medan makin menantang maka jumlah kalori yang dibakar juga makin meningkat.

 

"Anda dapat memvariasikan medan dan intensitasnya," kata Brooke.

 

5. Lebih Energik

Brooke mengatakan salah satu manfaat bersepeda selama 30 menit adalah jadi lebih energik. Mereka juga lebih bersemangat dan otak menerima hal-hal baru.

 

6. Meningkatkan Hubungan Sosial

Banyak studi yang telah membuktikan bahwa rasa kesepian memicu penyakit demensia, jantung, stoke, depresi, kecemasan, dan lainnya. Oleh karena itu, bersepeda lalu masuk ke komunitas bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia.

 

"Masuk ke komunitas sepeda itu baik, berapapun usia Anda. Dengan ikut komunitas, Anda dapat meningkatkan hubungan sosial sekaligus meningkatkan kesehatan"

 

7. Perjalanan Terasa Lebih Baik

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan hubungan antara bepergian dengan sepeda dan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker yang lebih rendah.

 

Studi lain yang dilakukan di Spanyol, diterbitkan dalam jurnal yang sama menemukan bahwa mereka yang bersepeda ke tempat kerja memiliki risiko stres yang lebih rendah.

 

Sumber

liputan6.com

 

lowonganlowongan kerjalowongan kerja bandungloker bandung

best profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf

pt bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, Bestprofit futures, pt best profit futures

 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG

Comments

Popular posts from this blog

Dolar Kuat Saat Harapan Pemotongan

Kinerja Dolar Telah Menjadi Rollercoaster

Dolar AS Mendekati Puncak 4,5 Bulan