5 Jembatan Terpanjang di Indonesia
PT BEST
PROFIT FUTURES BANDUNG, PT Bestprofit – Jembatan merupakan bagian dari
infrastruktur mobilitas masyarakat. Penghubung struktur yang dibuat untuk menyeberangi satu lokasi ke lokasi lain
yang terpisahkan rintangan. Mulai dari sungai, jalan raya hingga rel kereta.
Di Indonesia, pembangunan jembatan terus dikebut.
Bahkan pemerintah mengucurkan anggaran khusus membangun infrastruktur jembatan
skala kecil, menengah hingga besar di seluruh wilayah Indonesia. Dari sekian
proyek tersebut, terdapat 5 jembatan yang bisa dibilang menjadi mahakarya di
Indonesia. Merangkum berbagai sumber, berikut 5 jembatan terpanjang di
Indonesia, Selasa (14/2/2023):
1. Jembatan Suramadu
Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan
Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003. Kemudian dilanjutkan
pembangunan hingga peresmian di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10
Juni 2009. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini mencapai Rp 4,5 triliun.
Jembatan yang kini berganti nama resmi Jalan Tol Surabaya–Madura merupakan
jembatan sekaligus jalan tol yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau
Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.
Dengan panjang 5.438 m, jembatan Suramadu merupakan
jembatan terpanjang di Indonesia untuk saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari
tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.
2. Jembatan Pasupati
Dikenal sebagai Jalan Layang Pasupati, jembatan ini
telah bisa dipakai lalu lalang masyarakat sejak tahun 2005. Namanya merupakan
gabungan dari 2 nama jalan yakni Pasteur dan Surapati. Melansir laman
bandung.go.id, selain menjadi ikon Kota Bandung, Jembatan Pasupati juga menjadi
jembatan terpanjang ke-2 di Indonesia setelah Jembatan Suramadu yang berada di
Kota Madura.
Jembatan Pasupati memiliki panjang sekitar 2,8
kilometer dan lebar sekitar 21,53 meter. Keunikan dari Jembatan Pasupati
terletak pada bagian tengahnya, yaitu terdapat satu tiang yang cukup tinggi dan
ditopang dengan 19 cable stayed. Selain itu, jembatan ini juga menggunakan
teknologi Look Up Device (LUD). Teknologi ini merupakan perangkat khusus tahan
gempa buatan Prancis. Jembatan Pasupati adalah jembatan pertama di Indonesia
yang menggunakan teknologi LUD sehingga menjadikannya sebagai jembatan tahan
gempa pertama di Indonesia.
3. Jembatan Siak
Adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang
meresmikan Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah di Desa Tanjung Agung,
Siak Sri Indrapura, Riau pada 11 Agustus 2007. Jembatan ini dibangun
menghabiskan biaya Rp 274 miliar.
Melansir laman Pu.go.id, jembatan ini memiliki
panjang 961,5 meter dan lebar lantai jembatan 16,95 meter. Jembatan yang
dirancang bisa berumur sampai lebih dari 100 tahun tersebut, terbentang di atas
sungai sepanjang 300 M, dan mampu menanggung beban sebanyak 28 ton. Jembatan
ini memiliki dua menara dengan ketinggian kurang lebih 80 M dengan ukuran 10x5
M, yang digunakan untuk diorama teater dan rumah makan.
4. Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih adalah Jembatan kabel pancang
yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Jembatan ini
membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka)
di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan
Teluk Ambon pada sisi selatan. Melansir laman PU.go.id, mehyebutkan jembatan
Merah Putih Dibangun sejak 17 Juli 2011, Jembatan Merah Putih menelan dana Rp
779,2 miliar. Jembatan ini diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 4 April 2016.
Panjang jembatan secara teknis mencapai 1.140
meter, yang terbagi ke dalam tiga bagian. Ketiganya yaitu, Jembatan Pendekat di
sisi Desa Poka (sisi utara) sepanjang 520 meter, Jembatan Pendekat di sisi Desa
Galala (sisi selatan) sepanjang 320 meter, dan Jembatan Utama sepanjang 300
meter. Jembatan Utama ini merupakan tipe jembatan khusus dengan sistem beruji
kabel atau cable stayed, dengan jarak antar pilon sepanjang 150 meter.
Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di
Indonesia Timur, menjadi bagian dari keseluruhan tata ruang Kota Ambon,dan
menjadi ikon kota Ambon.
5. Jembatan Ampera
Nama Jembatan Ampera mungkin sudah tidak asing
lagi. Infrastruktur yang terletak di tengah-tengah Kota Palembang, menghubungkan
daerah Seberang Ulu dan seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.
Jembatan yang telah menjadi lambang kota Palembang dibangun pada 1962 dengan
biaya pembangunan yang diambil dari perampasan perang Jepang.
Awalnya, melansir palembang.go.id, menyebutkan jika
jembatan ini diberi nama Jembatan Soekarno, presiden Indonesia saat itu.
Pemberian nama tersebut dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada jasa
presiden Soekarno. Namun, presiden Soekarno kurang berkenan karena tidak ingin
menimbulkan tendensi individu tertentu. Dari alasan tersebut nama jembatan
kemudian disamakan dengan slogan bangsa Indonesia pada tahun 1960 yaitu Amanat
Penderitaan Rakyat atau disingkat Ampera.
Jembatan Ampera dibangun dengan panjang 1,117 meter
dan lebar 22 meter. Sementara tinggi jembatan Ampera adalah 11,5 di atas
permukaan air, sedangkan tinggi menara mencapai 63 m dari tanah. Antar menara
memiliki jarak sekitar 75 meter dan berat jembatan berkisar 944 ton
Sumber
liputan6.com
lowongan, lowongan kerja, lowongan kerja
bandung, loker bandung
best
profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf
pt
bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, Bestprofit futures, pt best
profit futures
PT
BESTPROFIT FUTURES BANDUNG
Comments
Post a Comment